Minggu, 27 Desember 2009

ABOUT ENZO FERRARI



Menyebut kata “FERRARI”, tentu akan terbayang sebuah mobil eksotis dan mewah yang melaju dengan kecepatan tinggi. Kehebatan Ferrari memang tidak terlepas dari kecintaan sang pendiri pabrik mobil ini, Enzo Ferrari,terhadap otomotif, khususnya dunia balap.
Enzo Anselmo Ferrari dilahirkan didaerah pinggiran Modena, Italia pada tanggal 18 februari 1898. Ia mengawali karirinya sebagai test driver lalu berlanju menjadi pembalap dan berhasil mencetak beberapa prestasi yang mengesankan. Atas segala pencapaian yang diraihnya didunia sport, Enzo pun dianugrahi gelar Cavaliere (bangsawan ) oleh pemerintah italia pada tahun 1924. Sejumlah penghargaan pun terus menghampirinya selama hidupnya.
Ditahun 1929, Enzo mendirikan tim Scuderia Ferrari. Setahun kemudian, ia mendirikan Auto Avio Costruzioni di Modena sebagai markas Scuderia Ferrari dan juga pabrik, yang kemudian panda ke Maranello pada tahun 1943.
Enzo meninggal pada tanggal 14 agustus 1988 di Modena. Beberapa saat sebelum menghembuskan nafas terakir , ia sempat menyaksikan peluncuran Ferrari F40 yang didedikasikan sebagia sebuah symbol atas segala pencapaianya yang ditorehkan. Pada tahun 2003, mobil Ferrari yang diberinama Ferrari Enzo diluncurkan. Mobil dengan performa menakjubkan ini dirancang menggunakan teknologi F1.
Sepeninggalan Enzo, tim Scuderia Ferrari terus meraup sukses di sirkuit F1 lewat pembalap-pembalap seperti Michael Schumacher, Kimi  Raikkonen, Rubens Barrichello, dan Felipe massa. Pada tahun 1994, Enzo dimasukan kedalam Internasional Motorsport Hall of Fame.He’s definitely worth it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar